728x90 AdSpace

  • Berita terbaru

    Rabu, 30 Desember 2015

    ZAT PENCEMAR DARI GAS BUANGAN KENDARAAN BERMOTOR

    Zat pencemar udara yang berasal dari kendaraan bermotor bersumber dari :
    - gas buangan 
    - penguapan bahan bakar
    - blow by gas 

    1. ZAT PENCEMAR DARI GAS BUANGAN KENDARAAN BERMOTOR

    Zat pencemar udara utama yang terkandung dalam gas buangan kendaraan bermotor pada umumnya terdiri dari :
    • karbon monoksida (CO)
    • karbon dioksida (CO2)
    • Hidrokarbon (HC)
    • Partikulat

      
    Sedang zat pencemar udara lainnya, seperti sulfur oksida (SOx) dan senyawa timah hitam (Pb) biasanya berasal dari bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan bermotor tersebut. 

    Karbon monoksida (CO)

    Pembentukan karbon monoksida di ruang bakar disebabkan oleh proses pembakaran yang tidak sempurna. Oleh karena itu besar atau kecilnya jumlah karbon monoksida yang dihasilkan oleh setiap kendaraan tersebut sangat tergantung pada tingkat kesempurnaan proses pembakaran. Sebagai salah satu contoh, dapat dijelaskan proses terjadinya pembakaran bahan bakar bensin (C8H18) pada ruang enjin otto. Proses permbakaran dapat terjadi sempurna jika kebutuhan oksigen / udara untuk membakar bahan bakar bensin tersebut dijaga pada rasio yang memadai.  Oleh karena itu agar proses pembakaran tersebut terjadi secara sempurna, harus memenuhi reaksi kimia tersebut :
     2C8H18  +  25O2          --->                   16CO2  +  18H2O

    Artinya :
    Untuk membakar secara sempurna 2 molekul C8H18  diperlukan 25 molekul O2. Dengan perkataan lain, untuk membakar sempurna 228 gr C8H18 diperlukan oksigen seberat 800 gr atau 1 gr C8H18 memerlukan 3,5 gr oksigen. 

    Karbon dioksida (CO2) 

    Karbon dioksida (CO2) merupakan hasil pembakaran antara bahan bakar dengan udara di ruang bakar. Karbon dioksida selalu terbentuk disepanjang proses pembakaran berlangsung. 

    Hidrokarbon (HC)  

    Hidrokarbon (HC) terbentuk karena adanya bahan bakar yang tidak terbakar pada saat proses pembakaran.

    Nitrogen Oksida (NOx)

    Nitrogen oksida (NOx) dihasilkan senyawa nitrogen dan oksida yang terkandung di udara dari campuran udara-bahan bakar. Kedua unsur tersebut bersenyawa jika temperatur didalam ruang bakar diatas 1.800OC.  95% dari Nox yang terdapat pada gas buangan berupa nitric oxide (NO) yang

    terbentuk di dalam ruang bakar, dengan reaksi kimia berikut : 
    N2  +  O2   ---->           2NO
    Nitric oxide ini selanjutnya bereaksi denagn oksigen diudara membentuk nitrogen dioksida (NO2).
    Dalam kondisi normal, nitrogen (N2) akan stabil berada diudara atmosfer sebesar hampir 80%, namun dalam keadaan temperatur tinggi (diatas sekitar 1.800OC) dan pada konsentrasi oksigen yang tinggi, maka nitrogen bereaksi dengan oksigen membentuk NO. Pada kondisi ini maka konsentrasi NOx justru akan semakin besar pada proses pembakaran yang sempurna.   

    Sulfur Oksida (SOx) dan Senyawa Timah Hitam

     Besarnya zat pencemar sulfur oksida (SOx) dan senyawa timah hitam sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar yang mengandung sulfur potensial sebagai sumber penyebab terjadinya sulfur oksida (SOx). Sedangkan bahan bakar yang sengaja menggunakan TEL untuk menaikkan angka oktannya, akan menimbulkan zat pencemar timah hitam.  

    2. ZAT PENCEMAR DARI PENGUAPAN BAHAN BAKAR

    Zat pencemar dari penguapan bahan bakar ini biasanya berupa hidrokarbon, berasal dari tangki dan karburator.  

    3. ZAT PENCEMAR DARI BLOW-BY GAS
     Blow-by gas adalah gas yang terbakar naupun tidak terbakar yang menyelip di antara piston dengan dinding silinder, kemudian keluar ke udara melalui cankcase.  Dari uraian diatas, maka hubungan antara sumber pencemar dan zat pencemar utama dari kendaraan bermotor secara garis besar dapat ditunjukkan pada tabel berikut:
    Tabel 1. Hubungan Antara Sumber Pencemar Dengan Zat Pencemar Udara 




    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: ZAT PENCEMAR DARI GAS BUANGAN KENDARAAN BERMOTOR Rating: 5 Reviewed By: affan salaffudin
    Scroll to Top