728x90 AdSpace

  • Berita terbaru

    Selasa, 08 Desember 2015

    Kreatifitas adalah harga mati

    Kreatifitas itu berbeda.
    Kreatifitas itu cara pandang
    Kreatifitas itu butuh niat kuat.
    Ketika kita kecil, dunia adalah tempat bermain yang sangat luas. Segala sesuatu yang kita inginkan dengan mudah terealisasi karena kita punya senjata yang ampuh : IMAGINASI. Setelah beranjak dewasa, semakin banyak peraturan yang mengekang imaginasi kita. Dan rasa takut malah mengalahkan ide - ide yang berdesakan keluar. Tapi, kita sesungguhnya masih punya satu lagi senjata yaitu : KREATIFITAS.

    Saya dulu ketika masih sekolah juga mengalami yang namanya keengganan ketika berada di dalam kelas, belajar di kelas begitu membosankan, apalagi kalau yang sedang dipelajari adalah MATEMATIKA dan Pelajaran IPA ( Fisika, Biologi dan Kimia), sungguh merepotkan.
    Pelajaran yang sungguh - sungguh menyenangkan adalah ketika belajar Sejarah Islam (Tarikh Islam), pelajaran kesenian serta pelajaran olah raga. Pada pelajaran kesenian dan olah raga merupakan pelajaran yang santai karena kita bebas untuk berkreasi dan melakukan sesuai dengan yang kita inginkan, misalkan kita ingin main sepak bola tau bola volly, pasti akan langsung dimulai dengan sangat antusias, atau ketika kita diminta untuk menggambar bebas, maka kami melakukan dengan sangat senang dan serius, masa serius? he...he.. ya yang saya maksud kita dengan asyik menikmati proses KBM yang terjadi sehingga tanpa terasa jam pelajaran kedua mapel tersebut habis, terasa singkat banget.
    Menjadi hal yang berbeda ketika sudah memasuki pelajaran matematika dan gerombolannya (Fisika, Biologi dan Kimia), rasanya seperti berada di ruang asing dan kita tidak kenal dengan ruang itu. Tahu - tahu kita diminta untuk menemukan solusi  seperti pada pelajaran pertidaksamaan linier.

     terkadang gurunya nambahi cari X?, syarat agar tidak memiliki solusi yang sudah tidak usah dikerjakan kan solusinya tidak ada solusi? horor banget kita diminta untuk menyelesaikan masalah yang guru matematika ciptakan dengan syarat jawabannya tidak memiliki solusi.
    Demikian juga dengan pelajaran fisika, biologi dan kimia, misalkan pada pelajaran tentang struktur atom, Siapakah penemu atom? seorang teman menjawab sekenanya penjual kacang pak? ya penjual kacang atom pasti menemukan dimana atom tersebut ditemukan dan dijual , kalau yang buat mungkin pabrik kacang atom dan seterusnya......
    singkat cerita mengapa mata pelajaran saintifik tidak menarik, dan pelajaran sain menarik ketika gurunya tidak datang, murid - murid pasti senang, berbeda dengan ketika memasuki pelajaran tarikh , Sang guru lebih banyak memberikan kita ruang imaginasi untuk membayangkan seperti apa keadaan tempat, dimana kejadian terjadi, siapa pula yang ikut disitu, sangat menarik dilakukan dengan cara berkisah, seakan - akan kejadian itu baru saja terjadi dan kita alami
    Terlepas dari semua itu maka kreatifitas dan imaginasi memang diperlukan dalam hal apapun, dan siapkah kita berimaginasi dan kreatif dalam kegiatan KBM di kelas?


    • Komentar Blogger
    • Komentar Facebook

    0 komentar :

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kreatifitas adalah harga mati Rating: 5 Reviewed By: affan salaffudin
    Scroll to Top